Langkah Untuk Mengenali dan Memilih Peluang Bisnis Yang Tepat


Peluang bisnis sebenarnya ada di mana-mana, tetapi tidak semua peluang diperlukan untuk dikembangkan dan menjadi usaha yang baik. Untuk mengetahui apakah sebuah usaha baru akan berhasil atau tidak, pelaku usaha harus memiliki kemampuan untuk membuat analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunities and Threats), seperti yang telah dibahas pada artikel kami tentang cara memilih bisnis online berdasar analisis SWOT.

Tidak Semua Peluang Bisnis Menjanjikan

Tidak semua peluang bisnis menjanjikan.

Peluang bisnis yang tidak menjanjikan, terdiri dari:

  • Peluang bisnis yang tidak memiliki potensi ekonomi atau modal tambahan yang besar. Contohnya saja adalah pembuatan aplikasi untuk smartphone yang memiliki target penggunaan dan penggunanya terbatas dan sangat cepat luntur karena perkembangan teknologi (tanpa pembeli).

  • Peluang bisnis yang mengandung risiko tinggi secara finansial. Misalnya usaha jual beli tanah sewa tanah dengan imbalan tertentu seperti bunga ataupun ukuran area tanahnya, nilai kontrak kerugian bila berakhir selang waktu jika tidak dibayar di awal-awal, harga pasar semakin turun setelah terealisasi kegiatan usaha ini (biasanya disebabkan oleh faktor eksternal).

Cek Adanya Kebutuhan Pasar

Market research is one of the most important steps in business planning. It’s a process that helps you identify what products or services your customers need, how much they are willing to pay for them, and when they will buy them.

It can also help you understand what it takes to make money from your business idea. For example, if customers are not buying enough products or services from a certain industry segment or geographic area—or if they only buy when there’s an emergency—then it might not be worth continuing with that part of your plan.

Lihat Demografi

Demografi adalah seluruh faktor yang mempengaruhi kehidupan berbangsa dan bernegara. Demografi mempengaruhi kehidupan ekonomi, sosial, politik, dan budaya. Dalam hal ini demografi dikenal sebagai kunci penting terjadinya perubahan-perubahan yang menyangkut perekonomian masyarakat tua atau meningkatnya jumlah umat muslim di Indonesia.

Rapikan Modal

  • Modal yang dibutuhkan untuk modal kerja

  • Modal untuk modal investasi

  • Modal untuk modal penyediaan barang dan jasa

Teknikal Aspek Peluang Bisnis Agen Dropship

  • Aspek Teknikal

Beberapa faktor yang harus diperhatikan ketika ingin menerapkan dropship adalah kondisi aktual, kondisi modal, dan produksi (serta kemampuan pemasaran). Aktivitas ekonomi selama ini masih cenderung mengalami perubahan yang melembaga arahnya tetapi selama jangka waktu tersebut tidak berarti bahwa hal itu tidak bisa digunakan untuk menjatuhkan sebuah pola bisnis agen drop ship.

Ketiga aspek tersebut nanti banyak dipengaruhi oleh faktor lain serta langsung mempengaruhi prinsip agen-agen dropship (tingkat biaya). Seperti misalnya dengan harga barang yang ditawarkan oleh supplier ataupun dengan risiko atas kegiatan usaha agen dropship sendiri.

Analisis Swot Suatu Usaha

Analisis swot adalah cara untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang dimiliki suatu usaha. Kekuatan akan memberikan motivasi dan semangat untuk berusaha lebih keras. Sedangkan kelemahan akan menjadi pembelajaran yang berguna untuk memperbaiki hal-hal yang perlu diperbaiki. Peluang dan ancaman merupakan dua faktor yang sangat penting dalam menentukan apakah bisnis tersebut layak dipertimbangkan atau tidak.

Analisis Swot Suatu Usaha

  • Kekuatan : Kelebihan internal dari suatu organisasi

  • Ancaman : Faktor internal dari suatu organisasi ikut mempengaruhi kinerja usaha/organisasi itu sendiri

Perhatikan Daya Saing dan Kesempatan Bisnis

  • You need to have a good business plan.

  • What is the market you are targeting?

  • What is your value proposition?

  • How are you going to differentiate yourself from your competitors?

  • How will you reach your target market?

Seperti yang telah diuraikan diatas, banyak pelaku usaha yang memulai bisnisnya dari nol. Terlebih mereka yang justru mengembangkan usahanya dengan mengandalkan modal yang minim.

Anda juga bisa melihat keuntungan dari mengembangkan usaha-usaha ini. Melalui salah satu usaha ini, Anda bisa membantu masyarakat yang membutuhkan bantuan dan juga menghasilkan uang tambahan. Dengan demikian, bisnis Anda tidak hanya memberikan keuntungan finansial pribadi saja, tetapi juga bagi sekitarnya.

Peluang bisnis adalah sesuatu yang harus dijalankan dan diperhatikan secara serius. Namun, sebagai pemula yang belum pernah membuka usaha, Anda tidak boleh terlalu sibuk dengan apa yang dinamakan peluang bisnis. Karena, ketika Anda sedang mencari peluang bisnis yang tepat untuk digolongkan sebagai anggota keluarga besar dalam dunia ekonomi global, maka rasanya lebih baik memilih dulu bagaimana caranya agar kita bisa tetap fokus mengawasi gerak-gerik kompetitifnya. Dengan begitu pula jika ingin berhasil menjadi orang sukses dalam bidang bisnis online Indonesia maka harus memiliki jiwa entrepreneurisme yaitu analisis swot suatu usaha yaitu analisis swot suatu usaha agen dropship.

Previous Post
Next Post
Related Posts

0 komentar: